Senin, 04 Oktober 2010

Cara me link kan Blog ke Facebook

Yuk kita coba melink kan blog kita ke fb kita. Daripada kita harus repot2 nulis di blog trus harus copy lagi ke fb, kenapa nggak kita link kan aja biar otomatis nge link ke fb.

Secara garis besar cara ngelink kannya adalah dengan men setting aplikasi rss graffiti di fb kita supaya nge link dg blog kita. Setelah itu secara periodik fb akan mencheck ke blog tsb. Jika ada postingan baru, maka otomatis fb menshare postingan tersebut di fb kita.

Detilnya kayak gini:

  1. Di kotak search pada bagian atas fb kita (Aku liatnya di desktop, kalo di mobile aku nggak bisa liat ada kotak ini) kita tulis rss graffiti. Setelah muncul icon rss graffiti application, kita klik icon tersebut

  2. Setelah itu muncul welcome (nama user kita) ! Thanks for using grafiti bla bla bla...

  3. Di bagian tengah ada kotak 'Add a new feed here', kita isi kotak itu dengan alamat feed blog kita. Kalo kita pake blogspot, biasanya formatnya kayak gini : http://namablogkita.blogspot.com/feeds/posts/default. Kalau untuk blog ini alamatnya http://dragonwoya.blogspot.com/feeds/posts/default, karena blog ku namanya http://dragonwoya.blogspot.com/

  4. Habis kita isi, kita bisa klik tombol preview untuk memastikan apakah benar itu blog yg ingin kita tampilkan. Kalo udah OK, kita bisa atur hal2 lain, misalnya setiap berapa jam fb akan ngecheck pstingan baru dll. Standarnya sih kalo nggak salah 1/2 jam sekali.

  5. Kita save aja. Sebetulnya sampai tahap ini udah selesai. Kita tinggal tunggu postingan terbaru blog kita muncul di fb kita. Di kotak tadi akan terlihat times checked, items posted, dan error rate. Times checked itu menunjukkan sudah berapa kali fb melakukan pengecheckkan ke blog kita. Misalnya schedulenya 1/2 jam sekali, kalau kita sudah menjalankan aplikasi ini 3 jam, berarti sudah 6 kali check yg dilakukan. Fb akan mengambil postingan blog pada periode pengecheckan itu. Postingan yg lama nggak akan diambil sama fb.
Daripada bingung baca tulisanku, mendingan cobain aja ya...
Kerja.. kerja...

11 komentar: